Menghidupkan Kembali PC yang Mati

Posted by TEMENT on Sabtu, 23 Juli 2011

--Salam tementku.Komputer kalian tidak mau menyala. Sungguh mimpi buruk ketika mau menyalakan komputer tak ada tanda kehidupan. Tapi janganlah pasrah ada langkah-langkah yang mungkin dapat diatasi berikut ini:

-Perhatikan Tombol Power
Periksa kembali tombol power komputer: tombol power di depan casing dan monitor, tombol belakang chasing, serta periksa kembali tombol power rol .

Setelah itu periksa setingan Power Suply apakah sudah benar input voltasenya (misal, 230 V). Kemudian periksa kabel power, kencangkan apabila longgar atau kendur.

Apabila tidak mau menyala juga kemungkinan PSU-nya bermasalah. Kabelnya ada yang putus, coba solder ulang atau servis aja di pasar komputer (kandaga) biasanya suka menyediakan jasa itu.
-Pasang Ulang Kembali Komponen PC .
Memang pasang kembali lagi kompunen pc rada sedikit males, tapi demi komputer nyala kembali lebih baik lakukan saja. Coba cabut dan pasang kembali komponen: Kabel Front Panel, RAM, VGA dan PCI (tv tuner, sound card) jika ada, Processor tapi dilakukan secara hati-hati.

Teliti kembali jika terjadi konslet yang disebabkan ada benda logam yang nempel di dalam Casing, misalnya paku atau baud yang bersentuhan dengan motherboard sehingga menyebabkan arus pendek.

Teliti kerusakan dengan Memahai Bunyi BIOS.
Apabila saat menyalakan komputer terdengar bunyi "Teet" berarti ada masalah. Catat berapa kali bunyi tersebut karena kita bisa menemukan letak masalahnya. Masing-masing bios punya karakteristik yang berbeda. Berikut saya akan jabarkan dari kutipan PC MILD edisi 14 untuk memahami bunyi BIOS:

AMIBIOS
Merek BIOS dari American Megatrends Inc, yang merupakan salah satu pembuat software BIOS teratas di dunia. Bunyi beep yang ditampilkan oleh AMIBIOS cukup cepat, dan biasanya berbunyi segera setelah PC dinyalakan. Namun ada yang berbeda di sini, BIOS dari AMIBIOS baru hanya berbunyi jika ada masalah.
-1 beep sampai 3 beep, ada kaitannya dengan memory yang perlu dipasang ulang atau dicoba dengan memory lain.

-4 beep, berkaitan dengan motherboard. Solusinya coba pasang ulang semua kartu tambahan yang ada, misalnya sound card, modem, tv tuner dan lain-lain, kecuali video card.

-5 beep, ada kaitannya dengan error di processor atau kartu tambahan. Coba telusuri dulu dari kartu tambahan, dengan cara memasangnya satu per satu. Bila semua kartu tambahan
itu sudah dilepas semua tapi bunyi beep-nya masih ada, coba telusuri ke processor.

-6 beep, ada kaitannya dengan motherboard. Coba lakukan seperti pada kasus 5 beep. Jika belum berhasil, siap-siap ganti motherboard.

-7 beep, berkaitan dengan error secara umum. Telusuri secara berurutan mulai dari kartu tambahan, processor, baru kemudian motherboard.

-8 beep, ada kaitannya dengan video card. Coba pasang ulang atau coba dengan video card lain. Jika video card-nya onboard, coba matikan dulu lewat BIOS, dan gunakan video card add-on.

-9 beep, berhubungan dengan AMIBIOS ROM checksum error. Solusinya sama seperti 7 beep. 
 
-10 beep, berkaitan dengan CMOS read/write error. Solusinya sama dengan 9 beep.

-11 beep, ada hubungannya dengan kegagalan cache memory. Solusinya pun sama persis dengan 10 beep.

AwardBIOS
AwardBIOS awalnya adalah sebuah merek BIOS yang dimiliki oleh sebuah perusahaan bernama Award. Tapi kini Award sudah diambil alih oleh Phoenix Technologies. Berbeda dengan AMIBIOS, jika Anda hanya mendengar 1 beep pendek di AwardBIOS, itu artinya sistem dalam keadaan baik-baik saja. Berikut adalah beberapa variasi beep yang diberikan oleh AwardBIOS:
-1 panjang, 2 pendek: Ada permasalahan di video card. Coba pasang ulang atau coba video card lain.

-1 panjang, 3 pendek: Tidak ada video card yang terdeteksi atau memory video card-nya error.

-1 beep panjang bernada tinggi atau beep pendek yang berulang-ulang: artinya ada masalah di processor, yang bisa jadi kepanasan, dipasangnya tidak benar atau bahkan rusak.

-Beep lain selain yang sudah disebutkan di atas: ada error di memory.

RAM Rusak.
Punya RAM rusak yang tidak berfungsi, jangan dibuang tapi coba aja langkah berikut ini. Bersihkan RAM menggunakan tiner , kemudian ambil penghapus gosokan pada memory .Setelah itu ambil avo meter, gesekan arus positif negatif pada masing-masing PIN memori. Hal ini dilakukan supaya arus listrik dalam RAM mendapat ranagsangan sehingga ada kemungkinan jalan.

Motherboard Mati Total.
Langkah terakhir yaitu dengan memandikan motherboard. Bukan manusia saja yang perlu mandi, komponen PC pun perlu mandi. Jangan menggunakan sikat, tapi lebih baik menggunakan kuas. Sabunnya menggunakan deterjen apalah berbagai merk, setelah itu jemur selama 3 hari menggunakan alas seng.
Ha ini didasarkan apabila barang sudah lama digunakan maka akan mengalami kejenuhan atau banyak muatan elektronis. Setelah dicuci maka muatan elektron negatif dalam motherboard akan hilang. Hasilnya dari 8 motherboard yang mati bisa menghidupkan kembali 5 motherboard.


Welcome to my blog, Thanks for visiting and reading.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Pengunjung Yang Baik Adalah Pengunjung yang Berkomentar Dengan Kata-kata Yang Baik Dan Sopan...

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG..!

 
www.ah-plug.net23.net