Anggrek Dendrobium

Posted by Riz-By on Jumat, 05 Agustus 2011

--Salam tementku. Bagi yang pertama kali hobiis yang menyukai anggrek, yang paling mudah untuk di budidayakan adalah anggrek dendrobium.
 
mungkin anggrek jenis ini yang sering anda lihat. Anggrek ini merupakan anggrek yang paling mudah untuk di pelihara dengan ciri-ciri umum batang kecil dan warna bunga ungu muda dan ketahanan bunga bila terkena air sekitar 3-4 hari dan bila tidak terkena air akan lebih lama.

Disamping paling mudah, anggrek ini juga paling cocok untuk dijadikan bunga potong. Anggrek dendro biasanya mempunyai harga yang relatif murah bagi para pemula. berkisar antara 25-35 rb saat berbunga. Bila ada yang menjual lebih dari itu berarti anda harus menawar. karena secara umum anggrek dendro berharga stabil. lebih lanjut mengenai anggrek jenis ini yang saya koleksi adalah warna putih dan ungu dicampur putih.
 
anggrek diatas sangat disukai oleh ibu saya dan juga para family dan tetangga. Karena bunganya besar putih hampir mirip dengan anggrek bulan. Bunga anggrek ini bisa tahan sampai satu bulan.

Bunga anggrek sebenarnya tidak memerlukan penganan yang ekstra. Ini terlihat dari gambar di bawah in yang saya dapat dari google.
 
GAmbar diatas adalah anggrej dendro yang ditempelkan di pohon kelapa dan dilindungi pot sabut kelapa. Sebenarnya tanpa diberi sabut kelapa pun anggrek bisa hidup dan berbunga, tetapi untuk menjaga kelembaban suhu dan pemberian pupuk tabur, maka menggunakan sabut kelapa.

Sabut kelapa ini sangat baik bagi anggrek. Akan tetapi yang patut kita waspadai adalah dalam sabut kelapa yang masih muda biasanya mengandung zat zatanin yang terlihat kecoklatan. Zat ini dapat mematikan akat anggrek. Pada kasus diatas tidak menjadi masalah bagi akat anggek karena seringnya terkena air siraman dan mungkin juga air hujan, maka zatnya sudah terbuang.

Bagi anggrek yang sudah dewasa mungkin saja bisa tahan terhadap zatanin dengan keluarnya tunas baru. Tetapi bagi anggrek yang baru keluar botolan, akan sangat kasihan bila bertemu dengan zat ini. Maka salah satu pakar anggrej semarang dari candi orchis menyarankan agar merendam sabut kelapa dengan trawas selama 2 hari 2 malam dan dibilas air bersih kemudian baru bisa digunakan.
Anggrek diatas adalah anggrek sonia. Anggrek ini menurut saya adalah salah satu primadona dendro. banyak sekali yang menyukai jenis ini. Bunga ini tahan sampe 1 bulan.

Saya menemui fakta bahwa banyak orang yang belum bisa membedakan macam-macam anggrek. Dan saya mulai dari anggrek dendro ini. kalo secara umum mempunyai deskripsi seperti di bawah ini, dapat dipastikan bahwa jenisnya adalah dendrobium.
Dan jangan dikira bila jenis anggrek dendro harus punya daun agar mempunyai bunga.
 
Kasus gambar diatas menunjukkan bahwa anggrek diatas tidak mempunyai daun tetapi tetap dapat berbunga. Inilah salah satu keistimewaan anggrek bila dibandingkan dengan bunga jenis yang lain
Tiada mempunayi maksud apapun mengenai gambar-gambar dibawah ini, saya hanya mau berbagi masalah kembang yang selama ini kian punah dan selalu dicari oleh kolektor dari luar negeri.

Fakta mengenai tumbuhan ini adalah bahwa indonesia yang khususnya Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dan Papua yang merupakan tambang angggrek spesies  Indonesia  bahkan dunia, memandang urusan bunga ini ke 111 atau bahkan lebih setelah masalah-masalah yang lain.

Paling mudah saya contohkan yaitu Kalimantan Selatan yang mempunyai salah satu tambang Anggrek spesies di pegunungan meratus (mohon maaf, penulis belum pernah mengunjungi lokasi) begitu kaya akan anggrek. Tetapi koleksinya malah ada di London Inggris. hal ini karena pernah dilakukan pengambilan secara besar-besaran oleh warga Inggris dan ditempatkan di kebun tersebut.

Siap-siap saja kita kapan-kapan studi banding ke london jika pingin lihat koleksinya yang lengkap. Sekaligus namanya sudah berubah dan akhirnya eeee dijual lagi ke Indonesia dengan harga selangit dan diakui sebagai anggrek Impor.

Saya disini hanya berusaha mengumpulkan serpihan tulisan mengenai anggrek dan saya berjuang untuk mempelajari ini sendiri dari belasan buku, situs internet, dan bertanya pada para hobiis,penjual bunga dan pakar anggrek.

mungkin zaman awal mula saya mengenal anggrek, saya adalah hobiis pembunuh berdarah dingin(mengutip kata-kata pada majalah anggrek indonesia), tetapi sekarang saya ingin bertaubat dan berbagi ilmu mengenai anggrek sebisa saya.

Beberapa koleksi dibawah ini adalah murni yang saya beli baik dari botol, udah gede, dan juga batang-batang anggrek yang sudah di biarkan orang yang meregang nyawa .

Beberapa koleksi dibawah ini adalah murni yang saya beli baik dari botol, udah gede, dan juga batang-batang anggrek yang sudah di biarkan orang yang meregang nyawa. Saya coba mereklamasi hari demi hari, bulan demi bulan dan akhirnya setelah menunggu lama saya berhasil memperbanyak. oya saya lupa memberikan penjelasan mengenai anggrek spesies dan hibrida. Anggrek spesies yang saya ketahui adalah anggrek yang ada pada habitat aslinya. Contoh anggrek spesies adalah anggrek hitam(Coelogyne Pandurata) seperti gambar di bawah ini.
Anggrek hitam berasal dari kalimantan secara umum baik dari kalimantan timur, tengah, selatan dan barat. contoh yang lain adalah Dendrobium capra dari wilayah Blora dan Bojonegoro.
sedangkan anggrek hibrida adalah anggrek hasil silangan dari beberapa anggrek spesies sehingga membuat varietas baru.  Contohnya adalah koleksi anggrek di bawah ini
 
Posisi anggrek saya berada di sebelah sisi barat rumah saya dan menghadap ke timur. Sesuai dengan aturan pertumbuhan di biologi maka bunga menghadap ke arah timur.  Posisi anggrek ini berada di bawah naungan pohon mangga diatasnya dan pohon pisang di sebelah barat. Media tanam yang saya pakai adalah beberapa memakai sabut kelapa yang sudah ditumbuk halus. Karena di daerah Kecamatan kunduran Blora sudah jarang sekali pohon kelapa, jadi saya membeli sapu ijuk dari kelapa ( sapu kelut:daerah blora) maka tinggal saya lepas dari gagangnya dan saya rendam dalam trawas selama 2 hari dua malam untuk melarutkan zat zatanin yang berwarna kuning kecoklatan. Zat ini berbahaya bagi akar anggrek karena bisa membunuhnya. kemudian saya membilas dengan air panas dengan tujuan agar kuman, bakteri dan virus yang ada pada sabut akan mati.

Kemudian pot yang lain saya beri media tanam akar pakis dicampur dengan arang. kebanyakan penganggrek memakai campuran akar pakis murni atau dicampur dengan arang. Media ini merupakan media paling bagus karena sistem aerasi (lalu lintas udara ) dari akar anggrek mudah dilakukan. perlu diingat bahwa tanaman angrek mendapat nutrisi tidak hanya dari dari pupuk yang kita siram tetapi juga dari udara. dan akar pakis lebiah mudah menyimpan kelembaban di bandingkan dengan arang saja. Hal yang lebih penting dari akar pakis adalah karena banyak pori di akar pakis, maka sebaiknya di rendam atau dimasak dulu dalam air suhu tinggi agar tuntas masalah hama yang ada dalam sela-sela akar pakis.

Oya secara umum pot saya yang paling bawah saya kasih pecahan genting. Agar suhu dalam pot dapat terjaga.
 
Anggrek saya secara umum rajin berbunga. Zaman dahulu saya sampai stress karena sulitnya membuat bunga saya rajin berbunga. Segala cara saya coba dan selalu gagal. saya baca semua buku mengenai anggrek. Tapi secara umum buku mengenai anggrek hanya membahas pada ruang yang sudah dikondisikan seperti di dalam nurseri. Rata-rata penulis buku anggrek adalah orang yang sudah mahir dalam hal angggrek, punya nurseri dan sangat protekstif terhadap anggrek. jadi kebanyakan mereka sudah mengkondisikan agar sinarnya cukup dengan memberi paranet, pupuk yang lengkap dan dana yang cukup untuk membudidayakan anggrek.

Saya akhirnya nekat menaruh angggrek saya di depan rumah, sinar matahari cukup panas dan mungkin jauh dari kondisi ideal.  dan saya juga nekad memberi pupuk dekastar yang khusus untuk pembungaan. bentuknya seperti ini
 
dan gambar kotaknya seperti di bawah ini. nah ini khusus untuk bunga dan digunakan bisa untuk setengah tahun sekali
 
jangan sampai lupa memberi yang dibawah ini. karena yang di bawah ini hanya untuk pertumbuhan. jadi ga bisa bunga dech.
 
harga dekastar ini di toko besar di daerah blora berharga kurang lebih 10 ribuan. tetapi di desa saya berharga 13500. Jadi tinggal membandingkan di daerah masing-masing.

pengalaman saya semua anggrek koleksi saya di rumah yang bandel bunga, begitu saya kasih ini ga sampe lama akan bunga. tapi jangan disamakan dengan bunga selain anggrek. kalo bunga selain angrek mungkin minguan sudah kelihatan hasilnya. kalo anggrek butuh waktu bulanan. ingat bulanan. Dan biasanya kalo anggrek sudah berbunga, dengan sendirinya akan sering berbunga. dan di bawah ini adalah koleksi kesayangan saya namanya sonia.

 
hehe sampe lupa. ada kenalan dari daerah perumahan auri di pangkalan bun yang cum memakai bekas air cucian beras. ternyata juga sangat bagus hasilnya. bungannya juga banyak. dan di beberapa literatur memberikan keterangan bahwa air cucian beras mengandung vitamin B1 yang bisa mempercepat pertumbuhan tanaman. jadi ga cuma monopoli tanaman anggrek, jadi tanaman secara umum.
 
Secara umum orang sedikit yang mengetahui kalo daun dari anggrek mengarah kutub utara dan selatan planet bumi. jadi saya menyarankan pada waktu mengarahkan daun supaya seperti diatas. Alasannya adalah kalo anda letakkan timur barat, maka dengan sendirinya akan memberlok.
 
Anda bisa mencoba sendiri di rumah anda untuk menggantungkan angggrek di pohon bambu seperti terlihat gambar di atas. Jadi Mudahkan ga perlu terlalu ribet sebenarnya.
 
Oya lagi, bahwa ini yang sangat-sangat penting tapi saya taruh malah di tengah. posisi anggrek saya yang di bawah pohon ini pada pagi hingga siang hari bisa sangat panas. sedang sore hari atau setelah duhur akan teduh karena tertutup pohon mangga diatasnya dan pisang di sebelah barat. Jadi menyiramkannya cukup satu kali sehari saja. Wis insyaAllah ga mati. soalnya dulu waktu menjadi pembunuh anggrek, saya menyiramkan air sehari dua kali. nah padahal anggrek lebih baik kering daripada terlalu basah. Atau kalo satu hari kok masih basah, jadikan dua hari sekali, atau tiga hari sekali juga ga papa. Asalkan Basah seluruh tubuhnya dan medianya. kalo pas hujan jangan disiram ya.
 
menyiram tanaman ini ada aturannya. pada pagi hari, anda boleh menyiramkan air atau pupuk pada pukul 6 sampai 9 pagi. lebih dari itu akan sangat menyiksa anggrek. kalo pas jam 9 ga bisa mending siram antara jam 3 – 5 sore.  Lebih dari jam 5 sore mending jangan dech. Soalnya bisa menyebabakan busuk akar.
 
pemupukan biasanya oleh salah satu guru saya pak Tabiun dari gunung pati semarang, menyarankan untuk pupuk daun menggunakan growmore setiap hari senin dan kamis. dan saya nanya ke guru anggrek saya yang lain pemilik candi orchid yaitu pak ari juga menyuruh senin dan kamis.
 
growmore dipilih oleh kebanyakan penganggrek karena mereka sudah menggunakan bertahun-tahun dan ga ada masalah. Grow more ini buatan amerika. gambarnya seperti ini.
tapi patut diingat growmore ini khusus untuk pertumbuhan. Takaran dosisnya adalah 1 gr untuk 1 liter air. Jangan sampai lebih. Pastinya kalo berlebih anggrek akan brdaun kuning akhirnya mati.

Resepnya pas anda melihat daun kuning misal sehari setelah anda memberi pupuk daun, maka siramlah dengan air yang banyak. Ulangi terus sampai daunnya hijau kembali.
Nah kalo growmore yang ini untuk pembungaan.
 
Jadi hati-hati menggunakannya. dan perlu diingat, kata salah satu guru saya, mengatakan bahwa mending beli yang dipak seperti diatas. karena saking terkenalnya produk ini, banyak yang malsu, tapi mereka palsukan yang kemasan botol. Sedang yang plasti seperti ini masih banyak yang asli.
 
Yang tak kalah pentingnya yaitu saat musim penghujan. Nah saat musim hujan ini masa kritis yang berbahaya bagi penganggrek. alasannya air hujan yang terlalu sering dapat membusukkan akar. Dan perlu diingat, air hujan itu mempunyai ph seimbang, jadi mudah sekali untuk ditumbuhi jamur.
Penyelesainnya yaitu anda semprot dengan dithane, gambarnya seperti ini
 
Dithane ini yang direkomendasikan oleh guru -guru saya masalah anggrek. Dosisnya tergantung kebutuhan. Misal 2 minggu sekali atau  3 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Tergantung kasusnya.
 
Disamping itu ada masalah yang sering dihadapi akar dan daun. yaitu serangga yang mengganggu tanaman ini. untuk preventif saja gunakan saja matador
 
matador ini kata guru saya dosisnya menengah ke bawah.
kalo masih bandel bisa pake decis
 
dan ada lagi obat yang direkomendasikan oleh guru saya yaitu
 
nah ini khusus yang red spider serangganya. mohon maaf saya kemukakan merk dagangnya bukan berarti iklan, tapi ini memudahkan anda membelinya. toh saya juga ga dapat uang dari produsennya
 
memberikan insektisida juga jangan terlalu sering. karena obat biasanya panas, jadi kalo pas anda menemprot obat kok kuning daunnya, cepat-cepat anda guyur air pagi sore agar kembali hijau.
 
rata-rata pot saya taruh setengah meter diatas tanah.
nah anda bisa liat dari jauh keadaan lingkungan anggrek saya
saya juga bisa menunjukkan anggrek saya yang saya letakkan secara extreme dan ternyata bisa berbunga juga.coba anda lihat dari jauh hingga dekat
terlihat di bawah pohon buah naga itulah saya letakkan anggrek saya. coba kita lebih dekat
hampir seharian anggrek saya terkena sinar matahari. dan ini awalnya saya cuma nekat. Bisa ga dia tetap hidup dan normal bisa bunga. lebih dekat lagi
saya cuma menaruh beberapa anngrek saya di sabut kelapa dan menempel dengan tali rafia dan saya kasih dekastar untuk bunga.
anda lihat, awalnya itu cuma satu batang anggrek saja. setelah tumbuh anakan baru, maka anakan yang baru yang beradaptasi itulah yang bisa berbunga.
proses ini berlangsung hingga berbulan-bulan lho.
tampak dari atas
tunas diataslah yang siap memberikan persembahan bunga
tampak depan dan terlihat kacaunya pola akar anggrek.tapi yang penting sehat
nahyang diatas itu foto zoomnya.pohon yang saya paki adalah bekas pohon jambu biji saya yang roboh dan sudah lapuk. pohon yang sudah lapuk banyak mengandung nutrisi yang baik untuk anggrek
ini na yang lain dan ternyata dia hidup juga.
yang perlu diperhatikan adalah, saya tidak berani menaruh pot saya pada posisi extreme ini. sangat berbahaya. sedang anggrek pada posisi extreme ini saya tempelkan pada kayu lapuk dan itu memang habitatnya.ternyata bisa berkembang sampe berbunga.eksperimen nekad saya berhasil tho.
Sumber:http://ubatubet.wordpress.com/category/uncategorized/
Welcome to my blog, Thanks for visiting and reading.

{ 1 comments... read them below or add one }

Inos Kalsel mengatakan...

Salam anggrek, terus semangat kembangkan anggreknya yah...

Posting Komentar

Pengunjung Yang Baik Adalah Pengunjung yang Berkomentar Dengan Kata-kata Yang Baik Dan Sopan...

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG..!

 
www.ah-plug.net23.net