CHIP Hands-On: Samsung M2 Portable 3.0 500GB

Posted by TEMENT on Minggu, 28 Agustus 2011

--Salam tementku. Pada pertengahan bulan Juni lalu, Samsung meluncurkan jajaran generasi terbaru dari eksternal hard drive (hdd) seri M, kali ini CHIP memberikan ulasan mengenai Samsung M2 Portable 3.0 kapasitas 500GB yang hadir dengan 4 pilihan warna yaitu Brown Black, Noble Beige, Clay Orange dan Mist Gray (4/7).

Bentuk dan Disain

CHIP Hands-On: Samsung M2 Portable 3.0 500GB
Pada paketnya, Anda akan menemukan sebuah HDD, sebuah kabel data Micro-b USB 3.0. Samsung M2 Portable 3.0 memiliki bentuk yang sedikit lebih lebar dibandingkan hdd portable pada umumnya, namun jika dilihat dari sisi panjang, HDD ini tidak berbeda dengan HDD pada umumnya.
CHIP Hands-On: Samsung M2 Portable 3.0 500GB
Bobotnya yang tergolong ringan karena berbahan dasar plastik berdimensi 81.90 x 110.60 x 17.60 mm. Pada sektor depan, terlihat motif matte yang menarik, yang mampu menghindarkan HDD ini slip saat dalam genggaman tangan, serta terhindarkan dari goresan dan sidik jari.
CHIP Hands-On: Samsung M2 Portable 3.0 500GB
Berbentuk melengkung pada semua sisinya, yang menghadirkan bahan mengkilat. Kesederhanaan terlihat pada saat melihat hdd ini, dimana terdapat sebuah lampu disertai dengan port USB 3.0 Micro-B pada sisi bawah hdd.
CHIP Hands-On: Samsung M2 Portable 3.0 500GB
Lampu yang terpancarkan berwarna biru akan menyala saat hdd melakukan aktivitas transfer data dengan komputer ataupun laptop Anda.
CHIP Hands-On: Samsung M2 Portable 3.0 500GB
Pada sisi bawah, terdapat 4 karet yang menjadikan HDD ini kokoh saat diletakkan pada permukaan yang datar. Karet kecil yang terdapat dibawahnya dapat menahan guncangan dengan baik. Dengan permukaan berbahan dove digunakan pada sisi bawah, semakin memberikan perlindungan keamanan dari goresan.

Kecepatan Transfer

CHIP Hands-On: Samsung M2 Portable 3.0 500GB
Pada tes pengujian melalui port USB 3.0, Samsung M2 Portable 3.0 memiliki kecepatan tulis rata-rata sebesar 88,156 MB/detik dan kecepatan baca rata-rata sebesar 86,221 MB/detik.
CHIP Hands-On: Samsung M2 Portable 3.0 500GB
Untuk pengujian melalui USB 2.0, Samsung M2 Portable 3.0 menghadirkan kecepatan tulis rata-rata sebesar 17,983 MB/detik, dan kecepatan baca rata-rata sebesar 33,456 MB/detik.

Kesimpulan

Samsung M2 Portable 3.0 memiliki bentuk disain yang menarik sisi luar, dengan bobot yang ringan, memudahkan HDD dibawa dalam berbagai aktivitas keseharian. Kecepatan yang dimiliki masih dalam nilai rata-rata. Namun HDD ini tidak disertai dengan piranti lunak yang terdapat di dalam HDD ataupun CD, sehingga lebih ditujukan kepada pengguna yang memerlukan media penyimpanan data tanpa dukungan lainnya.

Disain motif matte yang dimiliki juga memberikan kenyamanan dari goresan di sektor luar. Bahan plastik yang dimilikinya memiliki keuntungan dimana bobot menjadi lebih ringan, namun di sisi lain CHIP melihat bahannya yang cukup rentan, dengan kata lain hdd ini sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam tas yang penuh dengan berbagai barang lain. CHIP merekomendasikan agar HDD ini menggunakan aksesoris tambahan agar lebih aman dari tekanan dari perangkat berat lainnya.

Bantalan karet yang terdapat pada sisi bawah mampu menahan guncangan dengan baik, sehingga saat transfer data, HDD ini tetap pada tempatnya, tidak bergerak sedikit pun. Samsung M2 Portable 3.0 tidak menghasilkan bunyi, sehingga mampu memberikan kenyamanan dengan putaran HDD yang sunyi.

Sumber:http://chip.co.id/news/read/2011/07/04/912424/CHIP.Hands-On:.Samsung.M2.Portable.3.0.500GB
Welcome to my blog, Thanks for visiting and reading.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Pengunjung Yang Baik Adalah Pengunjung yang Berkomentar Dengan Kata-kata Yang Baik Dan Sopan...

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG..!

 
www.ah-plug.net23.net