Kereta Api Batik Tembus Rekor Muri dan Dunia

Posted by TEMENT on Sabtu, 25 Juni 2011

--Salam tementku. Kereta Api Batik Tembus Rekor Muri dan Dunia, Siapah yang tidak tahu alat transportasi yang satu ini?,, pasti anda pernah menaiki sebuah kereta api.
Kereta api adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya). Rangkaian kereta atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Karena sifatnya sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.

Itu adalah hal yang biasa dalam sebuah kereta api, namun ada sebuah kereta yang sangat tak biasa kereta apa itu ?... penasaran?

Mari kita ungkap …
Kereta ini adalah kereta gerbong berbatik, Kereta yang dihias dengan motif batik tersebut adalah kereta api Argo Parahyangan, yang melayani rute Bandung-Jakarta. PT KAI Ingin Angkat Pamor Kereta Api dengan Hiasan Batik. PT KAI berharap kereta yang dihiasi batik dapat membuat masyarakat lebih menghargai dan tertarik menggunakan kereta api. Batik kini tidak hanya menghiasi pakaian maupun pernak-pernik mode lainnya, tapi batik juga kini menghiasi gerbong kereta api PT KAI meluncurkan kereta batik ini sebagai wujud kebanggaan terhadap batik.

Selain itu, PT KAI memperindah gerbong kereta dengan harapan agar masyarakat lebih mencintai kereta api. Ini terkait dengan maraknya berbagai kasus perusakan kereta api dengan pelemparan batu maupun pencurian.

Potongan-potongan sticker bermotif batik yang menghiasi kereta Argo Parahyangan ini tahan panas dan hujan. Desain terdiri dari beragam motif dari berbagai daerah di Jawa Barat, Tengah, Timur, seperti Cirebon, Pekalongan, Solo dan Madura. Lima mahasiswa jurusan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) terlibat dalam merancang desain kereta batik. Desain mereka diberi nama “Rahayu Ning Buwono,” bahasa Jawa yang berarti “Keselamatan di Dunia.”
 
 
Manajer Museum Rekor Indonesia (MURI) Jusuf Ngadri menggoreskan tanda tangannya di kereta batik untuk meresmikan masuknya kereta ini dalam catatan MURI. “Di belahan bumi lain, ini belum pernah dibuat,” ujar Jusuf, dan kereta ini juga menembus rekor dunia.

Saat ini, batik baru menghiasi satu gerbong kereta api Argo Parahyangan. Tapi, PT KAI berencana menghiasi gerbong lainnya dengan batik untuk mempercantik penampilan kereta api, dengan harapan masyarakat akan lebih tertarik menggunakan kereta api sebagai pilihan transportasi mereka.
Bagaimana pendapat anda ?

Sumber: http://bloggyenarie.blogspot.com/2011/06/kereta-api-batik-tembus-rekor-muri-dan.html
Welcome to my blog, Thanks for visiting and reading.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Pengunjung Yang Baik Adalah Pengunjung yang Berkomentar Dengan Kata-kata Yang Baik Dan Sopan...

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG..!

 
www.ah-plug.net23.net